Tentang Acara pengajian Muharam bersama Habib Muh syafii

Share it:


Dalam rangka menyambut tahun baru hijriah 1441 H BKM atau badan kesejahteraan masjid di RW IIII Lemahireng Bawen kembali memprogram kegiatan publik yaitu pengajian akbar. 

Pengajian yang rencana nya akan diadakan di awal bulan muharam kali ini menghadirkan Ulama Besar Jawa Tengah yaitu Al Habib Muhammad Syafi'i Alaydrus dari Solo Surakarta.  

Habib Muh syafi'i panggilan akrab beliau adalah salah satu ahlul bait atau keturunan Rasulullah Muhammad SAW. 

Persiapan dari Penyelenggara yaitu BKM sudah sedemikian rupa sehingga dengan segera terbentuk kepanitiaan yang akan memback up acara pengajian Akbar Muharam ini. Karena diperkirakan akan dihadiri ribuan kaum muslimin dari berbagai penjuru. 

Pelaksanaan

Pengajian Akbar yang mengambil tema LEMAHIRENG BERSHOLAWAT ini dijadwalkan pada hari Senin , 2 September 2019 Jam 19:30 - 23 : 30 WIB yang berlokasi di Lapangan BuluJaya atau Lapangan utama Desa Lemahireng . 

Dengan mempertimbangkan meluapnya Jamaah yang hadir maka panitia memutuskan bahwa tempat pelaksanaan akhirnya di Lapangan Utama berubah dari rencana awal yang akan berlokasi di jalur utama RW III. 

Kepanitiaan

Kepanitiaan terbentuk dari rapat internal BKM sehingga BKM sebagai penyelenggara memilih perwakilan dari beberapa pihak yang ada di RW III. Mereka yang tercantum dalam struktur kepanitaan mewakili lembaga masing - masing.  Mereka terdiri dari Unsur tokoh mushola/ masjid, Struktural RW serta Ketua RT , PKK, Remaja, Linmas yang menyangkut Banser dan Senkom serta perwakilan dari tokoh sentral yang ada di RW III sendiri. 


Pendanaan

Dari segi pendanaan murni dari swadaya masyarakat RW III yang terbagi dari beberapa elemen kelembagaan contohnya BKM, RT,RW,PKK,Jamaan Yasin, Ketakmiran Mushola Masjid dan Lansia . 

Jadi tidak benar kalau acara ini di back up oleh pihak tertentu dari segi pembiayaan dan segala sesuatunya. 

Program ini murni dari masyarakat yang dari segi pendanaan murni dari swadaya masyarakat. 

Hal ini sesuai dengan program BKM yang harapannya hanya memfasilitasi ragam kegiatan keislaman yang ada khususnya di RW III sendiri. 

Penyelenggara ,

Yang bertanggung jawab dengan adanya acara ini adalah BKM RW III yang bekerjasama dengan Ponpes Roudlotul Usyaqiil Quran Rowosari Tuntang . 

Singkat cerita pihak pondok menyampaikan bahwa acara yang harusnya di pondok di pindah di Lemahireng . Atas penghormatan dari pengasuh Ponpes yaitu K.H. Masduq Hariri Al Hafidz Yang menawarkan kesediaan BKM, maka Ketua BKM Kaswan Gunarso menerima Anugrah ini sehingga bersepakat bahwa Habib Muh syafii yang harusnya Ngaji di ponpes dialihkan di Lemahireng Yaitu BKM RW III. 

Jadi sekali lagi kami tegaskan bahwa acara ini murni acara masyarakat umum bukan acara pihak - pihak tertentu.

BKM sendiri adalah Badan Kesejahteraan Masjid yang bertanggung jawab disetiap kegiatan keislaman yang dikemas dengan semangat kebersamaan. 

Acara ini bukan acara khusus ormas tertentu tetapi acara rutin bersama seperti yang sudah berjalan selama ini. 

Jadi BKM sendiri mengakomodir keberagaman yang ada khususnya di RW III dengan semangat persatuan dan kesatuan Umat islam tanpa memperuncing masalah khilafiyah . 

Karena pada dasarnya umat islam adalah satu kesatuan yang utuh , dan apabila ada pihak yang berusaha membenturkan antar umat islam maka dengan semangat kebersamaan ini akan diminimalisir, sehingga sesama umat islam harus saling melengkapi dan bersinergi. 

Pelangi itu indah karena ragam warna. 
Share it:

berita

edukasi

Headline

Post A Comment:

0 comments: