Mengenal Istilah " Gowes " dalam makna bahasa

Share it:

Didalam dunia bersepeda, kita sering sekali mendengar kata-kata "GOWES" nah tahukah agan-agan semua arti kata "GOWES" itu, berikut hasil penemuan googling ane tentang kata "GOWES"

Apa itu Gowes?

Gowes adalah aktivitas mengayuh pedal pada sepeda. Orang jaman sekarang lebih banyak menyebut kata gowes daripada mengayuh, mungkin dikarenakan lebih simpel dan enak didengar, serta lebih gaul terdengar di telinga.

Darimana asal kata Gowes ?

Iseng-iseng ane googling untuk mencari tahu, dari mana asal kata gowes dan apa arti sebenarnya. Ternyata, baik di Wikipedia maupun Kamus Bahasa Indonesia Online tidak mengenal kata itu.

Namun dari berbagai situs/ blog ane dapatkan beberapa pendapat tentang istilah Gowes seperti ini :

1. Bahasa gaul yang dipopulerkan oleh Indra Bekti dan Indie Barens. (ternyata bukan. Gowes adalah plesetan dari yowes yang sering diucapkan Indra Bekti dalam program acara Ceriwis di Trans TV).

2. Gowes itu artinya genjot ora genjot wis teles, bahasa Indonesianya dikayuh atau tidak dikayuh badannya basah.

3. Artinya pergi ke barat (go west), bang

4. Kutipan lirik lagu yang biasa dinyanyikan pesepeda :(GoWest) Life is peaceful there, (GoWest) In the open air, (GoWest) Where the skies are blue, (GoWest) This is what we're gonna do

5. Dari bahasa Jawa yang artinya : "goblok gak uwes-uwes" (goblok nggak selesai-selesai, goblok terus-terusan.

6. Ada juga yang bilang gowes itu artinya mengayuh, alias mengayuh sepeda.

7. Dari bahasa Jawa yang artinya “mengayuh”.


Yah, mudah-mudahan suatu saat nanti ada yang bisa menjawab rasa penasaran ane (dan mungkin Agan) tentang arti Gowes ini. Yang jelas, apapun artinya, semoga kegiatan bersepeda yang kian marak akhir-akhir ini bukan hanya sekedar trend, tapi menjadi sebuah budaya yang akan berdampak positif pada lingkungan kita

Ayo Kita Gowes
Share it:

Foto

Headline

sosial

Post A Comment:

0 comments: