Saluran Informasi kita bersama

FESTIVAL KAMPUNG KB MARGO UTOMO DESA LEMAHIRENG BAWEN

Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal, dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap desa/kelurahan.

Kerangka konsep di atas menjelaskan bahwa data merupakan sumber utama untuk memetakan kondisi wilayah. Berdasarkan pemetaan dilakukan pra kondisi masyarakat, tenaga penggerak serta Kampung KB untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan delapan pendekatan program yang bertujuan untuk mencapai keluarga berkualitas.

Pengukuran keberhasilan penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas dilakukan dengan mengamati pelaksanaan program yang direncanakan dengan yang dilaksanakan. Pengamatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan website Kampung KB sedangkan untuk dampak dapat diukur dengan menggunakan Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga).

Indeks Pembangunan Keluarga memberikan gambaran peran dan fungsi keluarga untuk mewujudkan keluarga berkualitas yang diukur melalui dimensi Ketentraman, Kemandirian dan Kebahagiaan keluarga yang dihitung menggunakan data dasar dari aplikasi New SIGA

Leave A Reply

Your email address will not be published.